Wednesday 1 February 2017

Kebudayaan, Kultur, dan Kebiaasan Orang Turki



Kebudayaan, kultur, dan kebiasaan orang Turki sehari-sehari kurang lebihnya hampir sama kaya orang kita. Sejauh yang saya tanyakan langsung dengan beberapa teman saya yang memang dari lahir hingga sekarang hidup di Turki. 



Dari beberapa informasi yang saya dapatkan secara umum kehidupannya hampir sama. Sebagai contoh saya akan menceritakan ke dalam beberapa bagian adab dan perilaku yang biasanya dilakukan, baik itu kebudayaan, kebiasaan, dan karekter orang Turki nya sendiri, sebagai berikut:

# Adab Kebiasaan orang Turki dalam keluarga 
1. Ketika ingin sarapan pagi ataupun makan malam mereka (dalam satu keluarga) harus duduk bersamaan di meja makan untuk dapat bersama-sama sarapan atau makan malam. Kalupun misalnya ada salah satu anggota keluarga yang belum hadir di meja makan, mereka akan menunggu, dan ketika semua anggota keluarga sudah hadir di meja makan dan makanan sudah tersaji barulah mereka makan.

2. Normalnya ketika sarapan pagi menu yang dimakan adalah roti, telur, dan sosis. Untuk minumannya adalah teh.

3. Setelah sarapan selesai dilakukan para pria dewasa menyempatkan untuk ke kedai kopi untuk sekedar minum kopi dan berbincang dengan sesamanya.

4. Bagi para perempuan, seperti biasa sama dengan di sini, setelah sarapan pagi, langsung bergegas membersihkan rumah. Hal ini dilakukan jika mereka tidak sekolah atau tidak bekerja.

5. Dan para Ayah berangkat kerja dan Ibu pun sama berangkat kerja (Jika mempunyai pekerjaan).

6. Setelah aktivitas seharian selesai, kemudian mereka semua kembali ke rumah untuk melakukan makan malam bersama-sama. Sama seperti sarapan semua anggota keluarga harus lengkap dalam meja makan, barulah makan malam dimulai.

7.  Setelah itu mereka bersama-sama menonton tv, entah itu berita ataupun sinetron. Sambil menyantap buah buahan.

8.  Jika masih ada yang sekolah dan mempunyai tugas sekolah, maka ia kerjakaan tugasnya.

9.   Setelah kegiatan semua selesai mereka tidur.

Secara garis besarnya atau normalnya seperti ini, selalu dilakukan setiap hari, kalau di rumah kita mungkin kalau sudah ada yang lapar duluan sih makan duluan yah, kalau harus nunggu yang pulang kerja kan lama juga ya, belum lagi kalau kerja di Jakarta dan pulangnya ke Bekasi duuuh keburu keroncongan perut haha.


# Karakter atau sifat orang Turki pada umumnya:

1.  Sangat ramah
2. Sangat welcome (gak sombong dan mau      menolong)
3. Tentunya baik
4.  Perhatian
5.  Kalau udah kenal dekat suka romantis haha :P
6.  Gak gampang nyerah (optimis)
7.  Agresif
8.  Lucu juga orangnya

Sejauh yang sudah saya jalani dalam hubungan pertemanan yang saya rasakan adalah seperti itu, ada juga sih satu dua orang yang memang ganteng banget terkadang mereka suka agak sombong, jadi temenan nya ga sampai akrab banget, tapi awalnya nya sih welcome banget, mungkin mereka sibuk.

Sumber: Melih nayır dan Muhammet (Teman saya)

1 comment: