Wednesday 1 February 2017

Belajar Bahasa Turki



Belajar bahasa Turki sebenarnya tidak terlalu sulit karena bahasa Turki tidak berbeda antara tulisan dengan pengucapan. Tapi ada beberapa alfabet yang pengucapannya dengan tulisan berbeda, tidak banyak hanya sedikit saja nanti akan saya ulas lebih jauh di bawah ini untuk contoh-contohnya.

Saya sendiri belajar bahasa Turki langsung dengan orang Turki nya, hanya beberapa penambahan subjek atau kata-kata untuk lebih detaill saya menggunakan kamus bahasa Turki yang saya download di playstore. Saran saja lebih baik jangan menggunakan aplikasi translate untuk kalimat secara menyeluruh karena terkadang suka rada ngaco dan tidak sesuai. Ada baiknya apabila Anda tidak paham langsung  saja bertanya kepada orang Turki, itu memudahkan Anda cepat mengerti dan sedikit demi sedikit bisa berbahasa Turki dengan baik. Misalkan Anda bertanya saya bertemu dimana atau bagaimana bisa belajar bahasa Turki langsung dengan orang Turki nya. Anda bisa membaca ulasan Belajar Bahasa Asing dengan Aplikasi



Yuk sekarang kita coba belajar bahasa Turki
Naber?/Ne haber? = What’s up
Iyiyim, teşekkür ederim = Baik, terima kasih
Çok iyiyim, teşekkür ederim, siz nasılsınız = Saya baik sekali, terima kasih, Anda bagaimana? (sopan)
Fena değil = lumayan/biasa saja
Iyi/Iyidir/Iyilik nolsun = Saya baik (informal)
Ben = Saya
Sen = Kamu
O = Dia
Biz = Kita atau Kami
Siz = Kamu
Onlar = Mereka
Problem yok = Ngga ada masalah
Onemli değil = not important/not at all
şimdi saat kaç = Jam berapa sekarang ?
Aileniz nasıl = bagaimana kabar keluarga anda?
Hepsi iyiler = semuanya baik-baik saja
Çaktim = I get it
Iyi iş/Aferin = good job
Ne oldu = what happened
Ne oluyor = what’s going on
Ne olacak = what will happen
Meşgulüm = saya sibuk
Tatlı rüyalar = have a nice dream
Kendine iyi bak = take care your self
Unarım görüşurüz = semoga bisa berjumpa lagi
Sohbet ediyorum = saya sedang chatting
Bir şey söyle = say something
Kanka = dude/buddy/mate/sobat
Abıcım = Abangku/kaka (biasanya digunakan untuk memanggil orang yang sangat dekat dengan kita yang lebih tua)
Sen gençsin = you are younger
Sen yaçlısın = you are older
Günün nasıl geçti? = how was your day
Allah kabul etsin = semoga Allah mengabulkan do’a kamu
Namaz = Shalat
Sabah = Subuh
Ogle = Zuhur
Ikındı = Ashar
Aksam = Magrib
Yatsı = Isya
Bu arada = by the way
Zaten = anyway
Türkçe konuşabilir misiniz? = Apakah kamu bisa berbahasa Turki?
Evet, Türkçe bilirim = ya, saya bisa berbahasa Turki
Biraz Türkçe biliyorum = saya tahu sedikit bahasa Turki
Anlamadım = saya tidak mengerti
Anladım = saya mengerti/faham
Özür dilerim hiçbir şey anlayamadım = maaf, saya tidak mengerti apa-apa
Lütfen yavaş yavaş konuşur musunuz! = tolong, bisakah anda berbicara pelan-pelan
Adınız ne? = siapa nama kamu?
Soyadınız ne? = apa nama belakang kamu? (biasanya nama marga/keluarga)
Nerelesiniz? = kamu berasal dari mana?
Endonezya’ danim = saya dari Indonesia
Endonezialiyim = saya orang Indonesia
Kaç yaşındasınız? = berapa umur kamu?
Burada mı oturuyorsunuz? = apakah anda tinggal disini?
Jakarta’ta oturuyorum = Saya tinggal di Jakarta
günün nasıl geçti? = bagaimana hari anda? (diucapkan ketika malam hari artinya bentuk kalimat past tense/lampau)
bugün güzel geçti/bugün iyidi = hari ini baik-baik saja
korece film izliyorum = saya sedang menonton film korean
ben şimdi lisan öğreniyorum = sekarang saya sedang belajar bahasa
öğretmenim = guruku
senin ögretmenin = gurumu
ben türkiyeyi seviyorum = saya cinta/suka turki
güzel bir hayalim var = semoga mimpi indah
Merhaba= Hai
Günaydın= Selamat Pagi
Tunaydın= Selamat Siang
İyi günler= Selamat Sore
İyi akşamlar= Selamat Petang
İyi geceler= Selamat Malam
Teşekkür ederim/Sağol= Terima Kasih
Teşekkürler= Terima Kasih
Bir şey değil= Terima Kasih Kembali
Rica ederim= Terima Kasih Kembali
Evet= Ya
Hayır= Tidak
Tamam= Ok
Nasılsın/Nasılsınız?= Bagaimana Kabar kamu?
İyiyim= Saya Baik
Ne yapıyorsun?= Apa yang sedang kamu lakukan?
Hiç bir şey= Tidak apa-apa
Özür dilerim= Saya minta maaf
Lütfen= Silahkan
Biliyorum= Saya Tahu/ Saya Mengerti
Bilmiyorum= Saya Tidak Tahu / Saya tidak mengerti
Hoşçakal= Selamat tinggal
Görüşürüz= Sampai jumpa
Güzel= Cantik / Bagus
Çok güzel= Sangat Cantik / Bagus
Çirkin= Jelek / Buruk
(Sen) çok güzelsin= Kamu sangat cantik / bagus
Nerelisin?= Dari mana asal kamu?
Kaç yaşındasın?= Berapa usia kamu?
Ne?= Apa?
Nerede?= Dimana?
Nasıl?= Bagaimana?
İyi= Bagus / Baik
Kötü= Jelek / Buruk
Belki= Mungkin
Dün= Kemaren
Bugün= Hari ini
Yarın= Besok
Gel= Datang
Git= Pergi
Neredesin?= Dimana kamu?
İsmin/adın ne? = Siapa nama kamu?
İsmim/adım…= Nama Saya……. (your name)
Arkadaş= Teman
Arkadaşım= Teman saya
Kız= Anak Perempuan
Erkek= Anak Laki-laki
Kalp/gönül/yürek= Hati
İyi şanslar= Semoga Berhasil
Saat kaç?= Jam Berapa?
Vay = wooow (takjub)

Alfabet latin bahasa Turki berjumlah 29 huruf, terdiri dari 8 vokal dan 21 konsonan, yaitu:

Aa Bb Cc Çç Dd Ee Ff Gg Ğğ Hh Iı Ii Jj Kk Ll Mm Nn Oo Öö Pp Rr Şş Ss Tt Uu Üü Vv Yy Zz
Terdapat 6 huruf, yaitu : ç,ğ, ı, ö, ü, ş yang tidak terdapat dalam alfabet bahasa Indonesia, sedangkan dalam alfabet bahasa Turki huruf Qq, Ww dan Xx tidak ada.

Bahasa Turki di tulis secara fonetis, artinya dibaca atau diucapkan sesuai dengan tulisannya. Ada beberapa huruf dalam alfabet bahasa Turki yang ucapannya berbeda dengan ucapan huruf yang sama dalam bahasa Indonesia. Dalam daftar berikut ini, padanan ucapannya dalam bahasa Indonesia ditandai dengan kurung siku atau [..]

c ; diucapkan seperti [j], contoh rica (rija) permintaan
ç; diucapkan seperti [c], contoh çok (cok) sangat
ğ; diucapkan sebagai bunyi tenggorokan seperti bunyi ghain dalam bahasa arab [غ], contoh erdoğan (erdoan)
ö; diucapkan dengan ujung lidah menyentuh langit-langit dan bibir berbentuk lebih bulat.
ü; diucapkan dengan bibir dibulatkan.
ı; diucapkan seperti [e] dalam kata empat, contoh yarın [yaren] besok.
ş; diucapkan seperti bunyi syin dalam bahasa arab [ش], contoh selamlaşma (selamlasyma) salam
v; diucapkan seperti [w], contoh mavi marmara (mawi marmara).

No comments:

Post a Comment